Siomay ikan tenggiri

Kalau biasanya makan siomay beli ke abang siomay tapi minggu kemaren coba bikin sendiri siomay ikan di rumah, rasanya ternyata lebih mantap lho. Selain bisa menjamin kebersihannya juga bisa menjamin tidak adanya bahan pengawet karena tidak tau  juga kan kalau siomay yang kita beli mengandung bahan pengawet atau tidak?

Kalau saya makan siomay biasanya selalu campur, nggak pernah siomay-nya saja, maksudnya sih biar ada sayurannya dan pastinya ada nilai plusnya. Pastinya saya sendiri nggak boleh ketinggalan parenya. Nggak tau kenapa saya suka walaupun rasanya agak pahit tapi menurut saya bisa menghilangkan rasa neg saat makan.

Kalau resep siomay bandung dan siomay telur sudah ada, yuk coba resep siomay ikan berikut ini.

Bahan siomay ikan :

300 g daging ikan tenggiri, cincang halus
1 sdm minyak wijen
1 butir telur ayam, kocok lepas
1 batang daun bawang
merica, garam, gula secukupnya
50 g tepung kanji(atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel)
100 ml air kaldu (saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri)

Bahan saus kacang :
300 g kacang tanah sangrai
4 bh bawang putih
2 sdm gula pasir
2 sdm garam
air matang secukupnya
cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.)

Bahan pelengkap :
Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras
Tahu putih
Pare
Kentang
Telor ayam rebus
Jeruk limau
Kecap
Saus sambal

Cara membuat :
1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong2. Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay.
2. Adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare,  sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.
3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.
4. Bikin saus kacangnya. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau encer sesuai selera.
5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau.

Sumber: dari berbagai sumber
Image credit: masakoke.blogspot.com

This entry was posted in RESEP IKAN DAN SEAFOOD and tagged . Bookmark the permalink.

9 Responses to Siomay ikan tenggiri

  1. unique FONT says:

    wow! maknyussss… saya jd laper *_*

  2. lia says:

    Bagaimana cr membuat bumbu akcang siomay’a.cabe n bawang’a di halukan lalu lngsng direbud atao ditumis.tlng lbh dijelaskan lg.klo siomay’a sya sdh bisa.tx

  3. mtr27 says:

    sedap sepertinya saya coba ah nanti

  4. EXA says:

    JADI PINGIN NYOBA BKIN SIOMAY SNDRI NIH, CZ PENGGEMAR SIOMAY ;-)

  5. Ayah Rahma says:

    boleh juga nih, nyoba buat istri d rumah, maklum sama2 pengemar siomay. :lol:

  6. ipo0L says:

    aq pengen jualan si0may ikan tenggiri. . .

  7. murniati says:

    trimakasih ya..resepnya…nanti ku coba…

  8. uun says:

    enak tuh,sya cba lah resep na.
    resep lain pa lgi teh?

  9. yus says:

    Waduh..saya mau usaha dagang siomay tapi ditempat saya daya belinya sangat rendah dan maunya enak tapi murah.Yang saya tahu bahan2nya sangat mahal, spt Wijen dan ikan tenggiri.Apakah bisa diganti bahannya yang murah tanpa mengurangai cita rasanya?? Siapa ada ide dan bs bantu saya? please callme/sms : 081510629277. Saya akan berterimakasih dan biar Tuhan saja yang membalasnya. Thank & Regard : Yoes RZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>