RESEP – SOTO LAMONGAN

Kalau sudah pernah membuat soto di rumah dengan resep soto biasa, kali ini Anda bisa mencoba resep soto yang agak berbeda walaupun tidak jauh. Resep soto ini namanya soto lamongan. Selamat mencoba

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung (berat lebih kurang 800 gr)
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 ruas jahe, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 butir cengkeh
garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt merica utuh
1 sdt ketumbar sangrai
6 butir kemiri sangrai
2 cm kunyit.

Untuk pelengkap:
50 gr suun, seduh air panas hingga lunak, tiriskan dan gunting-gunting.
50 gr kol iris halus
2 batang daun seledri, iris halus
2 sdm bawang goreng
1 sdm bawang putih goreng
3 butir telur ayam rebus, iris bulat
kerupuk udang, sambal cabai rawit rebus, jeruk nipis, iris.

Cara membuat soto lamongan:
Rebus ayam dengan 2 liter air, sampai empuk dan matang. Angkat ayamnya dan potong kecil-kecil, dan sisihkan kaldunya.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, tuang 4-5 sendok kaldu ayam, masukan jahe, lengkuas, cengkih, dan garam. Aduk sampai tercampur rata. Masak selama lebih kurang 5 menit. Masukkan sisa kaldu. Masak di atas api kecil hingga kaldu kembali bergolak dan masak terus selama 20 menit. Angkat.

Cara menghidangkan:
Tempatkan potongan daging ayam dalam mangkuk soto. Beri suun, irisan kol, irisan seledri, dan telur. Tuang kuah soto yang masih panas. Taburi bawang goreng dan bawang putih goreng. Hidangkan dengan sambal cabai rawit rebus, kerupuk udang dan irisan jeruk nipis.

Image credit: mediautamie.wordpress.com

This entry was posted in RESEP SOTO and tagged . Bookmark the permalink.

27 Responses to RESEP – SOTO LAMONGAN

  1. resep masakan nusantara says:

    enak dan sedap soto lamongan dan tahu campur

  2. dian l says:

    duh soto lamongan koq pake cengkeh ya, kayak soto padang aja…ada masukan untuk resep yan asli dari lamongan ditunnggu…tks ibu-ibu

  3. linda says:

    kok ga ada serainya?

  4. kukun says:

    biasanya kalau pakai ayam kampung harusnya enak.besok mau coba masak ah.

  5. Tetty Hernawati says:

    ehm sedapnya soto Lamongan klo dimakan siang hari seger buanget klo pake sambel & krupuk NAMPOL !!!

  6. f4thurrohim says:

    bisa dicoba nih resepnya

  7. alfath says:

    enak….

  8. soto banjir says:

    soto lamongan emang ajiiiiiiibbb bro……

  9. Riastanti says:

    Patut untuk dicoba… sip dah..

  10. harisma says:

    nenek moyangq orang lamongan lhoooooooooooooo

  11. iwakhiu says:

    fren sepertinya ada yang kurang yaitu cairan dalam botol yang aromanya wangi diberikan sebelum hidangan disajikan, kalo ada yang tahu apa ya namanya karna itu yang buat beda antara soto rumahan dengan soto komersil.

  12. faried says:

    kayaknya ada juga yg belum…
    cara membuat serbuk koya nya…

  13. ridwani says:

    yang benar yg mana?

  14. Siti Ainun Maimunah says:

    Tak cobanya dulu yaa….

  15. aan says:

    enak soto ku gan , , kalo ke tulungagung mampir ya . !!!

  16. Pingback: Resep Masakan Jawa « linggabrata

  17. dzaka says:

    mmm… masakan bundaQ yummy..!!

  18. cak uman says:

    hmmmm, soto ayam lamongan memang mantap. Kalau mau yang nikmat, mampir ke soto ayam asli lamongan cak uman za…. di rest area stadiun surajaya lamongan.
    http://www.isman-subakti.co.cc/2012/01/soto-ayam-cak-uman.html

  19. aman says:

    Hey There. I discovered your blog the use of msn. This is a very neatly written article. I will be sure to bookmark it and return to learn more of your helpful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  20. cak uman says:

    mau ngrasain sensasi soto ayam lamongan yang asli.. Segera ke Soto Ayam Asli Lamongan Cak Uman. Lokasi Rest area, depan Stadiun surajaya lamongan. Berikut untuk previewnya. http://www.isman-subakti.co.cc/2012/01/soto-ayam-cak-uman.html

    kami tunggu kedatangan anda

  21. Mery says:

    Aduh ….mbak, sotonya enak banget. Aku dari kupang sekarang tinggal di Austraia, udah 2 thn gak pernah makan soto Lamongan kupang, ini pertama x aku dpt resep yg benar2 jitu. makasih banyak ya mbak udah share resepnya.
    Mudah-mudahan mbak dan keluarga di limpahi rejeki.
    ada lagi resep yg lain gak?

  22. cak rawi soto gor says:

    mang klo pakek cengkeh. bisa lebih enak?

  23. cak rawi soto gor says:

    soto yang enak and gaul itu hanya di warung soto ayam kapas krampung pak rawi cabang di gor sidoarjo. terkenal cuy

  24. cak rawi soto gor says:

    soto ayam yang enak tu hanya di gor sidoarjo namanya soto ayam kapas krampung cak rawi

  25. free png frame says:

    mantap resepnya udah di cobaain…makasih ya atas resepnya

  26. Yunika ratnaningsih says:

    Favourite suami dan anak ku… Mantabz….

  27. wahyu maniez says:

    bumbunya kurang lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>