Resep siomay bandung

Daripada libur bengong bisa di coba resep siomay bandung berikut ini, mungkin saja selara makan akan bertambah dan akan ketagihan karena rasanya banar-banar juara.

Bahan 1 :
200 gr ayam cincang ( aku pake ayam fillet, cincang sendiri)
100 gr udang di cincang
200 gr ikan tenggiri dihaluskan
2 sdm ebi digoreng dan diulek lemes
2 batang daun bawang iris halus

Bahan 2 :
150 gr tepung tapioka
Tepung terigu secukupnya
150 gr labu sian /bengkoang serut halus
150 ml air

Bumbu diuleg :
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt merica
1 sdt gula
1 sdt garam
Kecap ikan secukupnya ( diresep 5 sdm, tapi fish sauce di Thai asin banget, jadi aku kurangin)

Cara membuat :
Campur bahan 1 dan 2 juga bumbu diuleg serta kecap asin, lalu diulet pake tangan, aduk rata. Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk, aku pake kulit pangsit di isi bahan adonan ini. Juga isi temen2nya siomay seperti tahu, kol rebus, kentang, paria, telor.

Kukus sampai matang.

Saus Kacang :
200 gr kacang tanah goreng
Gula merah
1sdt garam
Kecap sedikit
3 siung bawang putih
50 gr kentang rebus, haluskan
santan encer

Haluskan semua, masak di api kecil sampe mengental dan berminyak

This entry was posted in RESEP SERBA-SERBI and tagged . Bookmark the permalink.

13 Responses to Resep siomay bandung

  1. hilda zulfah says:

    klu ikan tenggiri diluar namanya apa ya

  2. taufiq says:

    saya sudah mncoba resep membuat siomay bandung.untuk rasanya dah oke, tapi yang jadi masalah adalah saat membetuk siomay masih mentah bentuk bisa bulat, tapi pada saat dikukus siomay jadi melebar berbentuk gepeng dan lekat dg adonan yang lain.
    bagaimana caranya agar siomay bentuknya tetap bulat tidak gepeng saat dikukus. trms

  3. geeza says:

    keliatannya biar gag melebar,,, jumlah airnya kurangin aja,,, bisa jadi setelah dikukus kan harus disiram air ni,,, nah,, itu bikin melebar,,, terus bisa juga karna terlalu kepenuhan,,, jadi kemana2 tumpah,,, kalao saya bikin siomay tengiri sih biar bulat ya airnya dikurangin,,,
    ow iyah, kenapa diresep gag pake telor yah biar gag rusak campurannya? biasanya sih pake telor 1-2 biji kan,, :mrgreen:

  4. Yuni says:

    iya saya pake 1 butir telur

  5. tiwi says:

    abis dibulatin masukin re air mendidih yg di jerang di kompor..tunggu sampe baksonya naek ke permukaan (ngambang) tunggu 5 menit trus angkat, masukin ke kukusan..kukus lagi beberapa menit sampe matang.
    kalo aq sih biar gak ribet, aq biarin di panci biarin ngambang sampe 10-15 menit sampe dlmnya matang jd gak perlu di kukus lagi…
    Gud luck :)

  6. nana soekarto says:

    aku buat pake cetakan.olesi cetakan dengan minyak, taruh kulit siomay dan isi dengan adonan isi. Kukus dengan banyak air dan api besar.aku tidak pakai ar, tapi pakai 5 butir telur.aku juga tidak pakai tepung terigu, tapi cukup tepung tapioka/maisena. Pakai bengkuang, tidak pakai bawang merah n putih.Cuma kecap asin, minyak wijen, gula garam, lada

  7. nana soekarto says:

    Ikannya sih boleh pake ikan apa saja. Tapi campuran ayam dan udang adalah yang paling bagus.Ini resepku u/50 siomay:250 ayam+udang giling, @ 150 gr bakung iris halus,bengkuang parut,wortel parut,tepung tapioka,5-6 telur,8 sdm gula, 10 sdm kecap asin, 10 sdm minyak wijen.Campur semua, sediakan cetakan, olesi dg.minyak, taruh kulit pangsit, isi dengan 2 sdm adonan, kukus dengan api besar 25 menit.Kalau dah coba, kirim reaksinya ya.

  8. Yanti J says:

    Untuk membentuk siomay taruh kulit pangsit ke dalam cetakan bolu kukus dan isi dengan adonan.Ditanggung bentuknya sama.

  9. budi_san says:

    tanks ,atas info nya ….

  10. wiwit says:

    buat sabel kok ga ada pakai cabe

  11. lyra says:

    widihk widihk :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>