RESEP – PEMPEK

Bahan bahan pempek:
1. Sagu Tani (bisa dibeli di HERO) sebanyak 3 bks @ 500gr (total 1500 gram)
2. Ikan tenggiri yang besar (1 kg, bila digiling/dibersihkan menjadi 700 gram)
3. Garam dapur secukupnya (untuk 1 mangkok = 1 sendok makan garam)
4. Bumbu penyedap (Ajinomoto) secukupnya (2 sendok teh)
5. Air dingin matang
6. Air panas (rebus) yang diberi sedikit minyak goreng.

Cara membuatnya:
1. Bersihkan ikan tenggiri dan giling pakai gilingan daging, hanya dagingnya saja, kulit dan durinya dibuang.
2. Campurkan ikan giling dengan air dingin dengan perbandingan 1:1 (atau 1:3/4 untuk lebih terasa ikannya).
3. Takar dengan mangkok bakso (kecil/sedang) dan bila dapat 2 ½ mangkok, campurkan dengan air dingin sebanyak 2 1/2 mangkok juga (atau kurang, tergantung mau banyak sagu atau tidak).
4. Masukkan garam halus dengan ukuran sendok makan peres, sebanyak jumlah mangkok ikan dan air, dalam hal ini sebanyak 5 sendok makan peres.
5. Masukkan pula bumbu penyedap (Ajinomoto) dan aduk rata.
6. Masukkan tepung sagu perlahan-lahan sambil diaduk dan diuleni.
7. Bila takaran tepat, akan terpakai tepung sagu sebanyak 1 kg, bila kebanyakan air, makin banyak sagu yang dibutuhkan dan rasa ikan kurang terasa.
8. Bila adonan sudah kalis (tidak lengket), dapat dibentuk bulat atau lonjong (lenjer) dengan tangan ditawuri tepung sagu lalu rebus.
9. Sehabis pempek mengapung direbus, angkat, tiris, lalu goreng atau siap dimakan.
10. Bila sudah terbiasa, dapat membuat pempek isi telor mentah, seperti mempuat pastel (lihat contoh gambar di halaman lain).

Bahan cuko/kuah pempek:
250 gram Gula aren
50 gram Asam jawa, hindari memakai cuka dapur
750 ml air
5 siung Bawang Putih, cincang halus
2 sdm ebi, dihaluskan
1 sdt garam
10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas).

Cara membuat pempek:
1. Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring.
2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat.
3. Cuka sudah siap dihidangkan bersama pempek.

This entry was posted in RESEP SERBA-SERBI and tagged . Bookmark the permalink.

19 Responses to RESEP – PEMPEK

  1. shinta says:

    pengen tau cara bikin kulit pangsit
    bahannya dari apaan?

  2. Tanti says:

    Bagaimana resep supaya pempek kalau sudah dingin tidak keras?

  3. sri eva says:

    Tambahkan sedikit terigu pada adonan supaya jk dingin pempek tdk keras

  4. ellyz says:

    ehmmm enakkkkkkkkkk ;-) ;-) ;-) ;-) :lol: :lol:

  5. asia says:

    :);(

  6. ahmad izzuddin says:

    hehe…. ini lagi mau pempek, lagi baca tutorial ini, thanks..

  7. wah mampir juga di web ku yah :)
    salam kenal nih ..
    form pempek delima

  8. thania theresia says:

    enak banget tuh pempek bagi2 donk! :) ;) B)

  9. irma heryantini says:

    thank ya ,,,,,
    :)

  10. mitha says:

    muantap tuenan rek

  11. ree says:

    utk 1 kg sagu, bisa jadi brp porsi?

  12. ree says:

    1 kg sagu ,bisa menjadi berapa porsi

  13. uzifauzi says:

    wah bagus nih, gw lagi nyari artikel cara pembuatan pempek. buat tugas.
    Perincian biayanya donk sekalian mas bro/mba sist :D

  14. shinji piko kazawa says:

    q lg kasmaran buat pempek,,,,,,,,,,,,,,, kyak ny enk tu,,,,,

  15. lulu cut3 says:

    Asyikk kykny resep ny enak ♍άΰ nyoba ah klo gk pake ikan enak gk sih?

  16. Sovia says:

    Q pengen tau cara bikin pempek dari tepung kanji doang..gk sah pkai tenggiri,ad yg prnh buat bhn dsr dri tpung knji dn rsa na enk

  17. ran bahktiar says:

    Kl yg gk suka ikan n mau polosan aja ada resep niy,
    1/4 terigu d msk dg air smp jd bubur, stlh jadi dinginkan lalu masukan kocokan telur n masukn tepung kanji, garam, penyedap (kl suka) cmpur smp rata n gk lengket trus d bentuk, lalu d masak dlm air yg udh d tmbhin sdkt mnyk goreng, stlh mengapung angkat, tiriskan n goreng,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>