RESEP – SOTO DAGING MADURA

Bahan:
500 gr daging sandung lamur
1 liter air
2 batang daun prei ukuran sedang, iris kasar
2 tangkai seledri, simpul
6 butir telur ayam rebus
1 sdm beef stock powder
2 sdt garam /secukupnya
1 sdt gula pasir /secukupnya
Minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:
4 cm jahe
3 cm kunyit
7 butir bawang merah, iris kasar & tumis
5 siung bawang putih, iris kasar & tumis
5 butir kemiri

Pelengkap:
Kecap asin
Kecap manis
Jeruk nipis, belah2
Krupuk udang

Taburan:
Bawang merah goreng
Seledri, iris halus

Sambal rebus:
2 buah cabe merah, iris kasar
Cabe rawit sesue slera
3 butir kemiri
Garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Didihkan air, masukkan daging. Rebus sampe setengah matang, tiriskan daging.
2. Biarkan kaldu diatas api kecil. Potong-potong daging seukuran single bite, sisihkan.
3. Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi & matang. Masukin potongan daging, aduk rata.
4. Masukin tumisan ke dalam kaldu bersama telur rebus. Bumbui beef stock, garam, gula & seledri.
5. Masak sampe daging mulai empuk (kalo kuahnya kurang, tambahin air (panas).
6. Masukkan daun prei, tutup rapat sampe semuanya masak. Angkat dan sajikan.
7. Sambal: Rebus semua bahan kecuali garam. Tiriskan & haluskan bersama garam, beri air perebus cabe 2-3 sdm, aduk rata.
8. Penyajian: Tiriskan telur & belah dua. Letakkan beberapa potong daging di mangkuk kecil2, beri telur, siram dengan kuah. Taburi seledri & bawang goreng.
Sajikan dengan kecap manis, kecap asin, jeruk nipis & sambal yang ditempatkan terpisah, lengkapi dengan nasi hangat & krupuk udang.
9. Tips: Kalo mo lebih sedep, gantikan 200gr daging dengan 400gr tulang2 berdaging (misal: iga, buntut). Kalo ngga berpantang jerohan, ganti 300gr daging dengan jerohan sapi (usus, babat, paru, limpa). Rebus jerohan sampe setengah matang, buang airnya (mengurangi amis & kadar oksalat) lalu satukan bersama daging, olah sesuai resep.

This entry was posted in RESEP SOTO and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to RESEP – SOTO DAGING MADURA

  1. tengwidiantowijaya says:

    mohon dikirimi resep nasi bok madura

  2. teratai says:

    terima pasanan krawu daging khas gresik dan masakan lainnya.hub 0318064833/wahidmasehi@yahoo.co.id.u wil sidoarjo-surabaya

  3. sitisriulupi says:

    klo aku diberi resep bok-2 madura bumbunya tdk ditumis dicampur daging mentah direbus bersama

  4. ion says:

    kirimi aku resep soto daging madura dong !!!

  5. Cak Marsu says:

    Tolong dibuatkan resep soto bebek madura,

  6. junaidi rohman soleh says:

    mohon dikirimi resep sambal petis madura dan soto ayam madura

  7. saya mau minta tolong sate kambing madura :P

  8. Kebon jahe says:

    mas, sotonya 1 ya. minumnya teh tawar anget. nasinya setengah aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>