RESEP GURAME ASAM MANIS

Bahan:
1 ekor (1 kg) ikan gurame, dibersihkan dan buang isi perutnya
2 sendok makan tepung kanji
½ sdt. garam
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dengan campuran tepung kanji dan garam. Masukkan minyak secukupnya ke dalam wajan yang besar supaya seluruh ikan bisa masuk.
2. Kemudian goreng dalam minyak panas yang cukup banyaknya agar ikan tergenang dan tidak lengket di wajan.
3. Angkat ikan apabila warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan dan dagingnya sudah matang.

Bahan untuk saus:
500 gram tomat merah
150 cc air
1 sdm margarine
3 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
3 cabe merah, iris tipis memanjang
4 cm jahe, iris tipis memanjang
10 batang lokio
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdm cuka
1 sdm bumbu penyedap
4 sdm saus tomat botol
1 sdt tepung kanji, diaduk dengan sedikit air

Cara membuat saus:
1. Seduh tomat dengan air medidih lalu diamkan sampai kulit tomat menjadi lunak. Hancurkan tomat lalu disaring dan buang ampasnya. Campur air tomat dengan 150 cc air.
2. Di dalam wajan panaskan margarine, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe sampai harum lalu masukkan lokio dan air tomat. Masukkan gula, cuka dan bumbu penyedap. Tuangkan saus tomat dan masukkan cairan tepung kanji. Masak sampai mendidih dan mengental lalu diangkat.
3. Hidangkan ikan gurame goreng dengan menuangkan saus ke atasnya.

Untuk 6 orang.

This entry was posted in RESEP IKAN DAN SEAFOOD and tagged . Bookmark the permalink.

31 Responses to RESEP GURAME ASAM MANIS

  1. yolanda says:

    aku ska loe ama gurame asam mns makanya q cr rspnya buat mamaku msk

  2. salma says:

    Lokio apaan sih?saya dari Jeddah-Saudi.lgi coba2 resep ikan.tau ikan hammur?enaknya diapain ya?ikan dsini extra amis.tau tips ngilanginnya?jruk npis aja kdg ga mmpan.Thanks resepnya.

  3. febriyanthy Andre says:

    Thanks yah,aq sk bgt masak apalg resep2 dan bumbu sangat sederhana.

  4. rusdah says:

    hiii enak sekali jadi pengen coba buat ahh pasti enak aku gituloh yg buat aku kan cantik

  5. bibi says:

    enaaaaaaaaaaaak bangat……ma ka c ya mbak!

  6. iipaah says:

    :| mmm lezattt

  7. sukhwin says:

    :| enak enak enak :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:

  8. fahira shahiba says:

    aduhhhh
    enak baget lohhhh
    resep a mantep :o
    makasihh yo!!!! :mrgreen:

  9. antya says:

    Menu yg wajib d coba nih…. Bayangin aj dah enak,palagi kl masak…hhhhmmm….

    Btw,lokio apa’an yah?

  10. dian says:

    ikannya bisa diganti ma ikan mujaer ga? soalnya suamiku sering mancing ikan mujaer. ;-)

  11. mpri says:

    wahh nampakny Bakal lgsung di coba tuh thanks ya :razz:

  12. annisah says:

    thanks resepnya yah,aku dr kemaren pengen banget makan gurame.kebetulan td sore ku mancing ikan gurame dikolam,tp gak tau cara masaknya..so thanks bgt ya

  13. ajay says:

    ty bngt gan

  14. fardi farhan says:

    aduh enak banget ikanya

  15. rahma says:

    makasih, besok mau dicoba buat buka puasa ….

  16. Ranadia says:

    Makasih banyak resepnya ya….

  17. Nisa says:

    Enak… makasih atas resepnya :D

  18. bayu.ararya says:

    Massa Allah …… jabang bayik….. Enak mak nyuuus… ngigit…. nendang…. njitak… njewer… mukul…. nyubiiit… ngampleng…. enak tenin j.

  19. Azzahra Salma Nabila says:

    nyampe ngiler nih liat resep asam manis…
    uuueennnakk tenan…!
    mantap…!

  20. suzuka says:

    bau amis ikan bisa ilang ….cuci pake air sedikit campuri vinegar/ cuka

  21. aulia larasati says:

    enak banget gurami asam manisnya sampai pengen lagi,jadi ngiler nichhhhhhhhhhhhh

  22. lalu wide says:

    gurami asam manis wenaknya mantappppp

  23. ikamerdekawati says:

    waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
    kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

  24. Mayalee hassan says:

    Waww… Ini sih maknyuuusss … Harus di praktekan neeh.

  25. shella says:

    ,enak banget nechhh.. jadi pengen masak asem manis …..!!!!

  26. Mas Pangkat says:

    klo guraminya bakar kyknya lebih jooos n sehaat lag lho!!!!

  27. HENY DYAH WULANDARI says:

    enak buanget nih…
    tapi gimana ya buat agar guramenya gak bau amis?

  28. GRESI says:

    AQ SUKA……..

  29. tami says:

    wahhh harus dicoba ntu resepnya :) yummmmyyyyyy…… makasih :D

  30. Bann says:

    Lokio adalah nama lain kucai, bentuknya persis bawang merah dijual dengan daunnya, bedanya kalau kucai/loki0 warnanya putih agak ramping/kecil. biasanya lokio memang untuk oseng-oseng, campuran masak ikan, heemmm enak juga untuk membuat campuran bakwan

  31. wiwit says:

    trima kasih,resep buat istriku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>