RESEP – EMPEK-EMPEK MINI

Bahan biang :
50 gr tepung terigu
500 ml air
3 siung bawang putih dihaluskan

Bahan adonan :
500 gr daging ikan tenggiri, dihaluskan
700 gr tepung kanji
1 sdt garam
¼ sdt gula pasir
¼ sdt penyedap
4 butir telur, dikocok lepas

Bahan Cuko :
750gr asam jawa
200 gr gula merah disisir
2 sdm gula pasir
1 ltr air
10 bh cabai rawit dihaluskan
5 siung bawang putih dihaluskan
30 gr ebi disangrai lalu dihaluskan
1 sdm tongcai
2 sdt garam

Pelengkap :
Mi kuning
Ketimun diptong kecil
Ebi sangrai dihaluskan

Cara membuat empek-empek mini:
1. Rebus bahan biang sambil diaduk hingga meletup-letup, angkat, dinginkan.
2. Aduk daging ikan, garam, gula dan penyedap, tambahkan biang, aduk rata, masukkan tepung kanji sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
3. Untuk mpek-mpek kerupuk: gunakan pirian, tekan hingga adonan tersaring di dalam pirian, sendokkan, lalu rebus dalam air mendidih hingga terapung.
4. a. Untuk lenjer: pulung 40 gr adonan hingga memanjang, rebus dalam air mendidih sampai terapung.
b. Buat kapal selam: ambil 50 gr adonan, pipihkan sambil dibentuk
seperti kantong, masukkan telur, tekan sambungannya hingga telur tidak keluar. Lalu rebus dalam air mendidih hingga terapung, angkat, dinginkan
5. Buat cuko: rebus air, asam jawa dan gula merah sampai larut, saring tambahkan bahan lainnya, didihkan. Angkat, dinginkan.
6. Goreng mpek-mpek hingga berkulit, potong-potong, sajikan dengan mi, ketimun, cuko dan taburan ebi.

Untuk 20 buah empek-empek mini.

This entry was posted in RESEP SERBA-SERBI and tagged . Bookmark the permalink.

16 Responses to RESEP – EMPEK-EMPEK MINI

  1. nanda says:

    trim’s ya,,,, udah mw berbagi resep mpek-mpeknya………….

  2. tiena says:

    salam kenal..
    saya mu nyoba bikin mpek2 nh
    tapi di resepnya ko ada bahan tongcai
    kalo boleh tau tongcai itu seperti apa ya..??
    makasih..

  3. edi patoni says:

    salam kenal….tolong kasih tau apa itu tongcai?

  4. Warnie ipie says:

    Tongcai itu apa ya??Jual ny d mana

  5. Shanty says:

    Mantaapppp…..makanan kesukaan aku….trims ya….

  6. mailiah says:

    iya saya rencana nya mau buat mpe2 tapi pas liat resep kok ada tongcai, klo boleh tau taongcai itu apa yaa n halal ga si? thx

  7. mailiah says:

    iya saya rencana nya mau buat mpe2 tapi pas liat resep kok ada tongcai, klo boleh tau taongcai itu apa yaa n halal ga si? thx

  8. wiwin says:

    klo misal adonan dasar da tambh dgn merica dan bwg putih kira2 gmn ya…enak ngga?

  9. misbah says:

    Thanks ya resepnya , mau cobaiin utk nyenangi keluarga

  10. 8686 says:

    iyaaa, benar tongcai tu apaaaaa c??

  11. 8686 says:

    bhs 中国 c??

  12. rani riyani says:

    tong cai itu fermentasi sawi putih, kalo di pasar yg jualan mie dan baso pasti ada tongcai, warnanya orange gitu..

  13. ekawati says:

    wah,,,dkampung ku ga org jual tongcai,,,,ada bahan lain gak sbgai gantinya…

  14. nisyafalu says:

    aku suka pempek

  15. Rika bunda alit akkil says:

    mantapz…

    aku jualan mpek2 depan rumah..pada suka ..alhamdulillah
    makasih resepnya

  16. Really great publish. I just now became aware of your own blog page and needed to say that We’ve truly liked searching your blog site discussions. All things considered We’re checking inside your rss we we do hope you publish just as before immediately!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>