Makanan balita (tips)

Thursday, December 22nd 2011. | INFORMASI DAN ARTIKEL

makanan balitaBerikut ini ada beberapa tips menyajikan makanan balita untuk Anda, semoga bermanfaat.

Apakah balita Anda menguji kesabaran Anda ketika waktu makan?

Menolak makanan, makan makanan balita yang sama hari demi hari dan malah bermain ketika anda menyuruh untuk segera menyelesaikan makan? Ini semua adalah bagian dari perkembangan balita normal.

Beberapa waktu setelah ulang tahun pertama, pertumbuhan balita Anda melambat sehingga dia perlu lebih sedikit makanan. Nafsu makan dan jumlah makanan yang dimakan akan bervariasi dari makan untuk makan dan dari hari ke hari. Balita menjadi lebih tertarik pada hal-hal di sekitar mereka dan kurang tertarik untuk makan.

Berapa banyak makanan yang dibutuhkan seorang batita?

Anda akan terkejut betapa sedikit makanan yang balita perlu makan. Umumnya, balita berusia 1 sampai 2 tahun bisa makan hanya sekitar 1/4 sampai 1/2 dari bagian dewasa.  Lebih baik untuk menawarkan makanan balita porsi kecil dan biarkan anak Anda meminta lebih. Ingat nafsu makan yang dapat bervariasi secara signifikan.

Anda bertanggung jawab untuk apa yang anak Anda ditawarkan untuk makan, di mana dan kapan disajikan. Anak Anda bertanggung jawab untuk berapa banyak yang dimakan dan apakah atau tidak dimakan sama sekali.

Seberapa sering balita perlu makan?

Balita memiliki perut kecil dan mungkin tidak bisa makan banyak pada satu waktu. Mereka biasanya perlu 2-3 snack pada siang hari, bersama dengan makanan mereka. Menawarkan berbagai camilan sehat sekitar pertengahan jalan di antara waktu makan. Makanan ringan ketika anak Anda lapar atau haus, tidak untuk hiburan. Meskipun susu dan jus adalah pilihan camilan yang baik, jangan terlalu berlebihan. Makanan-makanan ini secara alami manis dan tidak boleh disajikan terlalu sering sepanjang hari. Jika balita Anda minum terlalu banyak, mereka mungkin tidak ingin makan makanan padat. Minuman lain seperti kristal buah, pop, kopi atau teh tidak memiliki nilai gizi dan tidak harus diberikan kepada balita.

Bagaimana Anda bisa menyapih balita Anda dari botol ke cangkir?

Memperkenalkan cangkir harus dilakukan perlahan. Mulailah dengan memberikan air atau jus dalam cangkir. Cobalah melayani susu dalam cangkir di satu kali makan. Perlahan-lahan menggantikan botol dengan cangkir setiap kali makan. Jika ini tidak bekerja, encerkan susu Anda masukkan ke dalam botol dengan air, sehingga anak Anda akan lebih memilih susu dalam cangkir. Seorang balitapasti mampu menggunakan cangkir, walaupun mungkin ada tumpahan. Jangan berharap terlalu banyak pada awalnya.

Apa yang dapat Anda lakukan jika anak Anda menolak untuk makan makanan balita tertentu?

Menghargai keinginan anak Anda, bahkan jika tidak ada yang dimakan. Anak-anak akhirnya akan makan, mereka tidak akan membiarkan diri kelaparan. Ganti makanan balita anda setelah jangka waktu yang wajar. Berhati-hatilah untuk tidak menunjukkan kekecewaan Anda. Makanan balita yang di tolak  saat ini mungkin bisa dimakan minggu depan. Ini bisa memakan waktu hingga 10 kali mencoba untuk anak Anda untuk benar-benar menerima makanan balita yang Anda berikan.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan anak Anda untuk mencoba makanan balita baru?

Perkenalkan hanya satu jenis makanan balita baru pada suatu waktu. Sajikan dengan makanan balita lain yang anak Anda suka dan pada saat anak Anda lapar dan dalam semangat yang bagus. Biarkan anak Anda memeriksa makanan dengan mencium dan menyentuhnya. Mendorong satu gigitan tapi jangan memaksa masalah jika anak Anda tidak akan mencobanya lagi. Jangan berkecil hati jika anak Anda menolak itu coba lagi makanan balita yang baru itu di lain waktu.

Apa yang harus Anda lakukan jika anak Anda hanya suka pada satu jenis makanan balita  saja?

Hak itu adalah bagian normal dari perkembangan balita dan tidak akan berlangsung lama – selama Anda tidak membuat masalah bagi balita Anda.

Tips makanan balita dan bagaimana cara menyajikannya:

•  Sajikan porsi balita-. Biarkan anak Anda meminta lebih.
•  Memperkenalkan makanan balita baru bersama dengan makanan favoritnya.
•  Mencoba makanan balita Anda terpisah dengan lauk. Anak-anak menyukai makanan diolah sederhana.
•  Menyajikan berbagai makanan balita dari empat jenis  makanan. Biarkan anak Anda memilih dari apa yang tersedia.
•  Menyajikan makanan balita dengan cara anak Anda, dalam potongan-potongan kecil misalnya.
• Mendorong satu gigitan selera tapi jangan berlebihan membujuk. Anda tidak dapat memaksa anak untuk makan apa pun.
• Jauhkan televisi selama waktu makan.
• Mintalah anak Anda duduk dengan seluruh keluarga, setidaknya ketika baru makan.
• Jangan terburu-buru ketika memberi makan balita Anda.
• Memberi peraturan ketika makan. Misalnya, makanan harus dimakan di meja.
• Kursi anak Anda pada ketinggian yang nyaman untuk balita.
• Makan dengan balita Anda. Anak-anak belajar bagaimana orang dewasa makan.

Semoga bermanfaat

Link: makanan balita

tags: